Tips Meningkatkan Mood dalam Menulis

Gambar dari www.kaskus.co.id

Menulis — Mungkin sebagian orang berfikir jika menulis adalah suatu hal yang susah. Tidak salah memang, karena menulis sebenarnya adalah kegiatan yang tidak gampang. Sebagai seorang blogger atau penulis, sobat dituntut untuk menyajikan suatu karya tulis yang enak dibaca.

Namun, apa jadinya jika mood kita sedang tidak bagus? Memang, sebagai seorang yang memang dituntut untuk menulis, seharusnya kita bisa membangun mood menulis itu sendiri. Namun membangun mood bukan sesuatu yang gampang jika menulis adalah dunia yang baru sobat terjuni, ditambah lagi jika sobat adalah tipe orang yang moody (tergantung mood). Dan berikut telah saya sajikan beberapa tips yang bisa sobat coba. Semoga setelah membaca artikel ini mood menulis sobat bisa meningkat drastis.

1. Cari Tempat Nyaman

Mengapa orang yang sedang jenuh atau stress karena dilanda masalah biasanya dianjurkan untuk refreshing, pergi ke suatu temoat dengan suasana baru? ya, karena tempat bisa memengaruhi suasana hati dan pikiran seseorang. Carilah tempat yang nyaman agar pikiran sobat bisa rileks dan santai dalam melakukan kegiatan menulis.

2. Pastikan Kebersihan Diri

Beberapa penulis terkenal seperti Dee (Dewi Lestari) mengaku akan nyaman menulis jika keadaan badannya bersih. Jadi, biasanya ia akan mandi sebelum mulai beraktifitas mengawali hari. Mungkin mood sobat buruk karena sobat jarang mandi? Hayoo, ngaku. Mandi dulu gih. hehe

3. Cari Waktu yang Pas

Selain tepat yang nyaman, waktu juga bisa mempengaruhi mood kita. Terutama dalam hal menulis. Penulis terkenal pun mempunyai waktu yang berbeda-beda dalam menghasilkan karya siap cetak atau siap posting nya. Saya sendiri lebih senang menulis malam hari karena di waktu itulah mood menulis saya sedang bagus-bagusnya. Untuk sobat.. cari waktu yang pas ketika mood kita bagus dan mulailah menulis.

4. Mendengarkan Musik Kesukaan

Musik sudah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan. Mengapa orang yang sedang mendengarkan musik Rock akan berjingkrak mengikutin alunan musik atau minimal menggerakkan kepalanya naik turun? Dan mengapa orang yang sedang galau mendengarkan lagu melow? Jawabannya adalah karena musik bisa mempengaruhi emosi seseorang. Dan biasanya, mendengarkan lagu kesukaan akan menambah mood. Tapi, usahakan memilah lagu yang akan di putar ya jika sedang menulis. Jangan sampai lagu yang dipilih malah mengganggu konsentrasi sobat.

5. Olahraga Sejenak

Selain membuat tubuh menjadi sehat, berolahraga juga dapat mengontrol berat badan, meningkatkan energi, memperkuat daya ingat bahkan  meningkatkan mood. Cobalah berolahraga kecil sebelum memulai aktifitas menulis dan perhatikan mood sobat setelahnya. Usahakan untuk tidak terlalu berlebihan, yang malah akan membuat tubuh kelelahan dan malas menulis.

6. Menulis Sambil Makan

Entah tips yang ini benar-benar bisa dicoba oleh sobat atau tidak. Saya pribada sering melakukan hal ini. Saya biasa menatap layar laptop sembari menyuap makanan ke mulut saya, ajaibnya mood saya terus naik seiring suapan demi suapan yang masuk. Dan makan yang dimaksud disini adalah makan besar ya. Bukan sekedar ngemil.

7. Lakukan Hal yang Disukai

Sebelum mulai menulis, sobat bisa melakukan hal yang sobat suka agar mood sobat naik dan bisa menulis dengan baik. Misalnya, sobat suka mendengarkan musik. Tak ada salahnya jika sobat menulis sambil mendengarkan lagu kesukaan. Atau, jika sobat hobby makan, bisa ko menulis sambil makan. Seperti yang saya lakukan di atas. Pokonya lakukan hal yang bisa menaikkan mood sobat dalam menulis. Tapi mungkin sebaiknya jangan menulis sembari bermain game dan chattingan deh, karena akan membuat keasyikan dan malah lupa kalau harus mulai menulis.

8. Jadikan Menulis Itu Hobby

Jika suatu hal dijadikan hobby, maka melakukannya adalah kegiatan yang menyenangkan, bukan? Itu juga yang akan terjadi jika menulis dijadikan hobby. Jika menulis sudah melekat dalam diri kita, maka kegiatan itu tidak akan terasa sebagai beban. Malah akan terasa ringan. Jadi, untuk sobat yang aktif di dunia blogging atau kepenulisan. Jadikanlah menulis sebagai bagian dari diri kita yang dimana jika kita tidak menulis, seolah ada bagian yang hilang.
Share on Google Plus

Penulis Unknown

Menulis membuat kita tahu siapa diri ini, untuk apa dan siapa. Karena dengan menulis kita tahu sejauh mana kita melihat, mendengar, dan memahami dunia ini. -KetiKANS-
    Blogger Comment
    Facebook Comment

8 komentar:

  1. Point ke 4, 5, dan 7 sering saya lakukan kang memang ya kalau kita melakukan hal yang kita sukai pasti akan seru begitupun juga dengan mood pasti akan membaik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupp, pasti. Apalagi kalau hobby nya itu makan, hmmm.. selain bikin mood naik, pikiran pasti tenang dan perut jadi kenyang, hehe

      Hapus
  2. memang kadang berat sekali untuk membuat suatu artikel. ide belum muncul-muncul, tapi ingin nambah artikel blog.hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadang juga sebaliknya gan, ide udah muncul tapi males nambah artikel hehe..

      Hapus
  3. Kalo gw mau ngeblog, makanannya harus banyak. Jadi sambil nulis mulut sambil kunyah-kunyah, hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kang, pokoknya kombinasi mulut sama jari pas lagi ngetik harus tetap terjaga, haha

      Tapi ini badan ga gede-gede ya, duhh duhhh

      Hapus