Sepatah Kata Untuk Pencari Pekerjaan Pertama



Lulus ujian. Menjinjing sertifikat tanda lulus dari sekolah menjadi momen yang paling ditunggu bagi para siswa atau mahasiswa. Ijazah kini sudah ditangan. Tugas baru pun diterima–mencari pekerjaan.

Bila sebelumnya harus sibuk nrowsing kesana-kemari mencari materi untuk membantu menunjang tugas sekolah/kuliah. Pergi ke rumah teman untuk mengerjakan tugas bersama atau hanya sekadar ikut nge-print. Kini, momen itu sudah tak lagi terasa.

Berpikir setelah lulus ingin bekerja agar bisa sedikitnya membalas apa yang telah orang tua beri. Namun, kenyataan yang dihadapi ternyata tak sesuai ekspektasi. Berkeliling seharian demi diterima bekerja di sebuah pabrik atau perusahaan ternyata tak juga membuahkan hasil.

Mencari Pekerjaan Pertama Tak Selalu Gampang 


Apalagi jika sobat baru lulus. Mencari pekerjaan pertama bagaikan mencari jarum ditumpukkan jerami–sulit. Tapi jangan menyerah. Toh, ada kan diantara teman sobat yang sudah mendapat pekerjaan.

Cari Apa Yang Salah


Jika sebelumnya sobat sudah berusaha namun belum menjadapkat hasil. Coba lihat apa yang salah. Misalnya saat melamar pekerjaan, sobat gagal di tes wawancara. Coba perbaikin penampilan dan gesture saat berbicara. Atau, misalnya artikulasi tak jelas, coba perbaiki.


Berharap Goal Ditendangan Pertama adalah Sesuatu yang Jarang Terjadi

 


Jika hanya karena sekali mencoba dan gagal, lalu sobat berhenti berusaha dan tidak mau mencari pekerjaan. Berarti sobat memang benar-benar gagal. Ingatlah kalau kegagalan yang sebenarnya adalah saat kita berhenti mencoba.

Katakan: “Masih Belum!”


Apa sobat pernah berpikir harus berusaha sekuat apalagi, padahal rasanya, kita sudah sangat maksimal dalam mencari pekerjaan. Tidak! Belum, jangan pernah berpikir kalau usaha yang kita lakukan sudah maksimal. Lakukan lebih keras lagi.

Lowongan kerja yang menjamur tidak akan menjadi penentu diterimanya seseorang di suatu perusahaan. Rezeki itu berbeda-beda. Mungkin saja ada orang yang baru lulus langsung mendapat pekerjaan. Namun, ada juga orang yang sudah berbulan-bulan berusaha mencari pekerjaan tapi belum juga mendapatkannya.

Teruslah mencoba dan jangan pernah sekalipun berpikiran untuk menyerah. Karena Tuhan tidak pernah tidur. Dan semua yang ada di dunia tentang sobat, saya, dan kita semua telah tertulis rapi.

Semangat!
Share on Google Plus

Penulis Unknown

Menulis membuat kita tahu siapa diri ini, untuk apa dan siapa. Karena dengan menulis kita tahu sejauh mana kita melihat, mendengar, dan memahami dunia ini. -KetiKANS-
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. Waduhh dah lama gak main ke sini.

    Kalo kerjaan menurut saya sih rejeki mas. Belum tentu loh udah keterima kerja terus kita betah di situ. Makanya kalo belom dapet jangan putus asa, lamar lagi aja. Ntar pasti kalo udah rejekinya ada yang nyantol.

    BalasHapus