Hal Yang Bisa Dilakukan Saat Mengalami Masalah dalam Hidup




Tak bisa dipungkiri, setiap orang di dunia pasti memiliki masalah dalam hidupnya, tanpa terkecuali. Baik itu masalah yang dirasa kecil atau masalah besar sekalipun. Masalah yang dialami pun pasti berbeda antara satu orang dengan orang yang lain.

Seperti sudah menjadi hukum alam, masalah datang tiada henti dan tanpa pernah terduga. Masalah yang satu selesai, lambat laun muncul kembali masalah baru. Dengan problema atau permasalahan yang lebih banyak dan lebih rumit dari sebelumnya. Sehingga menguras lebih banyak pula tenaga dan pikiran kita. Bahkan tak jarang masalah tersebut membuat kita stress atau depresi. Seolah hidup terasa sangat berat dan sukar untuk dijalani.

Mencari jalan keluar dalam menyelesaikan sebuah masalah memang tidak gampang. Atau mungkin bisa dibilang sulit. Seperti mencari jarum di tumpukan jerami. Mungkin itu peribahasa yang tepat. Akan tetapi, sulit bukan berarti tidak bisa. Bisa, hanya saja tidak mudah. Jarum di tumpukkan jerami pun jika kita terus berusaha mencarinya pasti akan ketemu juga, kan? Seperti hal nya masalah, pasti akan selalu ada penyelesaiannya. Untuk para pembaca yang sedang dirundung malasah, saya mempunyai beberapa hal yang bisa dilakukan, dan juga yang biasanya saya lakukan. Semoga bisa membantu.


1. Bersikap Tenang









Masalah yang menimpa sering kali membuat kita tergesa-gesa dalam menghadapi nya. Karena pikiran yang tidak tenang, tak jarang membuat kita membuat keputusan yang salah dan menyebabkan masalah yang kita alami bukannya selesai, malah menjadi semakin besar. Dengan bersikap tenang, kita akan dapat berfikir lebih jernih untuk menyelesaikan masalah yang sedang dialami.

2. Bersabar








Jika suatu masalah membuat hati kita kacau, gelisah dan membuat pikiran tidak tenang maka cobalah bersabar. Dengan bersabar semua masalah yang ada, baik itu masalah yang kecil bahkan sampai masalah besar sekalipun tak akan terasa sebagai beban dalam hidup kita. Sebaliknya, justru akan menguatkan dan melapangkan hati kita. Kekuatan manusia itu memang ada pada kesabaran nya.

Bandingkan saja dua orang yang sedang dirundung suatu malasah besar. Yang satu gelisah dan tidak tenang. Sementara yang satu lagi bersabar dan dalam menghadapi nya. Jika dilihat sepintas, tentu kita akan mengetahui apa yang akan terjadi pada kedua orang tersebut. Si gelisah pasti akan stress dan depresi karena pikiran nya hanya melulu memikirkan jalan keluar dari masalah yang sedang ia hadapi. Sementara si sabar, tidak akan mengalami hal yang sama. Justru sebaliknya, pikiran nya akan tenang karena ditopang oleh hati nya yang kuat dan lapang.

3. Introspeksi













Apa yang pertama kali orang salahkan ketika masalah sedang menimpa hidupnya? Ya benar, keadaan. Percaya atau tidak, menyalahkan keadaan tidak akan membuat masalah yang sedang kita alami selesai. Sebaliknya, menyalahkan keadaan hanya akan membuat keadaan lebih buruk lagi karena dengan hanya bisa menyalahkan kita tidak akan pernah bisa berpikir dewasa. Sadarilah bahwa setiap apa pun yang menimpa diri kita adalah berasal dari kita sendiri. Bukan orang lain apalagi keadaan.

4. Lupakan Sejenak








Berpikir, berpikir dan terus berpikir tentang suatu masalah hanya akan mempuat pikiran keruh. Lupakan sejenak! Mulai sekarang tanamkan dan yakini dalam hati bahwa setiap masalah pasti akan ada jalan keluarnya. Serumit apapun itu, seberat dan seberapapun berliku nya jalan yang sedang kita tempuh. Setiap jalan pasti memiliki ujung, lintasan balap sekalipun memliki garis finish. Yakinilah bahwa jalan yang sudah disiapkan-Nya untuk kita lewati akan berujung dengan garis finish, bukannya jurang tak berujung.



Manusia hidup dan berjalan di jalan yang sudah ditentukan-Nya. Allah SWT telah menyiapkan segala sesuatu dan menuliskan skenario indah-Nya untuk kita jalani dengan sebaik-baiknya. Tinggal terggantung kita pribadi bagaimana cara menjalani dengan sebaik-baiknya tersebut. Setiap masalah yang ada di dunia ini pun sudah dituliskan dengan rapi di awal, pertengahan, dan persimpangan jalan hidup kita. Tak hanya masalah, dengan penyelesaiannya juga tentunya. Tinggal berusaha sebaik mungkin dengan hati yang sabar, pikiran yang tenang, serta jiwa yang selalu tawakal.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca dan semoga yang sedang ditimpa masalah diberikan yang kesabaran yang lebih dan masalah yang sedang dihadapi cepat berlalu.
               
Share on Google Plus

Penulis Unknown

Menulis membuat kita tahu siapa diri ini, untuk apa dan siapa. Karena dengan menulis kita tahu sejauh mana kita melihat, mendengar, dan memahami dunia ini. -KetiKANS-
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

  1. setuju sama yang nomor 4 , intinya kalo ada masalah jangan dipikirin terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupp, kebanyakan orang malah difikirin dan jadi berlarut-larut deh..

      Hapus