Terlalu Mendengarkan Pendapat Orang Lain Hanya Akan Membuat Ruang Gerak Kamu Terbatas

Ruang gerak terbatas via unsplash.com

Sebagai seorang makhluk sosial, sudah pasti kita tidak akan lepas dari peran orang lain dalam hidup kita. Dan orang lain selalu ingin menjadi kacamata yang objektif. Maksudnya, mereka selalu mencoba menilai siapa saja yang mereka temui, termasuk diri kita. Tentunya kamu pernah bertemu dengan orang yang berkomentar suatu hal tentang orang lain. Itu adalah contoh kecilnya. Namun begitu, tidak akan selamanya komentar yang terlontar mengandung nilai positif. Itulah yang menyebabkan banyak orang yang terlalu sensitif dengan penilaian orang lain akan berusaha mati-matian terlihat baik di mata semua orang. Apakah kamu tipe orang yang sama? Mulai sekarang, sebaiknya stop deh terlalu mendengarkan penilaian orang. Kenapa?

Kamu tidak bisa menyenangkan semua orang. Akui dan terima saja

Kita tidak bisa menyenangkan semua orang via unsplash.com

 

Sob, sob jangan terlalu memikirkan penilaian orang lain, apalagi yang tidak mengenal kamu. Wajar sekali jika orang yang tidak mengenal kamu lantas menilai dengan instan. Menilai hanya dari apa yang tampak diluar. Tidak ada yang salah dengan itu, karena kamu sendiri pasti pernah seperti itu. Bersikaplah sewajarnya diri kamu. Jangan memaksakan diri hanya karena ingin menyenangkan semua orang.

Selalu merasa spesial dan diperhatikan banyak orang? Sebaiknya berhenti berpikir begitu

Merasa diperhatikan via unsplash.com

 

Karena kamu orang yang terlalu sensitif, kamu akan sulit memahami bahwa semua orang terlalu sibuk untuk hanya mengingatmu. Mungkin sekarang memang benar mereka terlihat memperhatikan kamu, menilai ini dan itu. Namun di menit berikutnya, mereka akan beralih pada hal lain. Dan lagi, beberapa saat setelah kamu pergi, mereka akan melupakannya.

Kamu tidak bisa membuat orang lain menilaimu baik

Kita tidak bisa mengontrol penilaian orang lain via unsplash.com

 

Tiap-tiap individu pasti memiliki penilaiannya masing-masing terhadap kamu. Dan semua penilaian itu tidak akan selalu baik, pasti ada sedikit atau sebagian diantaranya yang memberikan penilaian negatif. Dan lagi, kamu tidak mempunyai kekuatan apapun untuk mengontrol setiap apa pendapat mereka tentang kamu. Jadi, lupakan saja untuk membuat semua orang menilaimu baik. Di dunia ini, kamu hanya sebatas player, bukan Game Master.

Menolak sesuatu tidak akan menjadikanmu jahat. Katakan tidak jika memang harus mengatakan tidak

Menyetujui atau menolak sesuatu pada tempatnya via unsplash.com

 

Seperti halnya kamu yang sering kecewa karena sebuah keputusan, seperti itulah harusnya kamu memandang semua orang. Kecewa adalah hal biasa. Pandailah dalam memutuskan sesuatu. Jika memang harus bilang iya, maka bilanglah iya, begitu juga sebaliknya. Kamu tidak akan menjadi orang yang jahat jika berkata tidak, asal itu sesuai dengan keadaanya.

Ingatlah bahwa tidak ada manusia yang sempurna

Menyadari bahwa tidak ada manusia yang sempurna via unsplash.com

 

Mungkin kita lupa dengan kata sederhana yang penuh makna ini sehingga ingin menjadi yang terbaik. Tidak salah jika kita ingin menjadi baik. Yang salah adalah jika kita menjadi baik karena ingin terlihat baik di mata orang lain. Tetaplah berusaha menjadi manusia yang baik. Bukan untuk orang lain. Tapi untuk diri kamu sendiri.
Share on Google Plus

Penulis Unknown

Menulis membuat kita tahu siapa diri ini, untuk apa dan siapa. Karena dengan menulis kita tahu sejauh mana kita melihat, mendengar, dan memahami dunia ini. -KetiKANS-
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar