Tips Menghemat Uang Dengan Efektif

Tips Irit  Picture from http://www.bintang.com


'Tak ada yang gratis' - Mengutip kata-kata tersebut, kita tentu tau bahwa di zaman yang serba modern seperti sekarang ini semua membutuhkan uang. Yah, setidaknya itu menurut beberapa orang. Walau tak bisa dipungkiri hampir semua manusia juga berasumsi seperti itu.

Uang, uang, uang. Pendapat di atas pun pada akhirnya membuat setiap orang berfikiran kalau mereka harus berusaha mendapatkan uang sebanyak-banyaknya untuk mememuhi kebutuhan hidup yang tentunya akan terus berganti seiring dengan berjalannya waktu. Namun, taukah sobat jika sebenarnya pendapat yang menyatakan bahwa 'Jika kita mempunyai banyak uang, semua kebutuhan kita akan terpenuhi' itu salah besar! Ya, saya berani berkata seperti itu karena menurut saya kebutuhan berbeda dengan keinginan.

Pertama-tama, tentunya kita harus tau dulu apa itu yang namanya kebutuhan dan apa itu keinginan. Kebutuhan adalah segala sesuatu yang dibutuhkan manusia untuk mempertahankan hidup. Sedangkan keinginan adalah hasrat ingin memiliki sesuatu yang walaupun tidak dipenuhi tak akan berdampak apapun kecuali hanya rasa kecewa.

Perlu diketahui juga jika cukupnya kebutuhan ditentukan oleh cara kita mengelola keuangan agar yang dibutuhkan dapat terpenuhi. Berikut tips yang bisa dilakukan untuk menghemat uang dengan efektif yang bisa sobat lakukan.


1. Prioritaskan Kebutuhan

Seperti telah dijelaskan diatas. Hal yang harus dilakukan agar uang yang kita punya cukup untuk memenuhi kebutuhan  adalah dengan memprioritaskan kebutuhan tersebut. Misalnya sobat pelajar, maka prioritaskan kebutuhan seperti buku, pulpen, pensil, serta hal lainnya yang berhubungan dengan keperluan sekolah. Jangan gunakan uang untuk keperluan yang belum terlalu dibutuhkan. Jangan mentang-mentang tahun ajaran baru nih, lantas sobat membeli barang yang sebenarnya belum perlu. Tas misalnya, sepatu, seragam?

Bukannya itu juga penting ya?

Yupp, itu juga memang penting, tapi perlu digaris bawahi maksud penting disini. Jika memang tas, sepatu atau seragam sobat masih layak pakai, maka kenakan saja. Jadi orang yang sederhana deh, sekolah kan bukan tempat pamer fashion?
Begitu juga dalam hal lain, intinya pergunakanlah uang untuk kebutuhan yang memang perlu. Bukan hanya sekedar ingin.

2. Jadi Pemburu Diskon

Pasti tau dong sama mamahnya Sincan? tau juga kan apa kebiasaanya? Yupp, seratus buat yang jawab tuh dipojok belakang, hehe.. Dalam serial Crayon Sincan, kadang ada episode dimana mamahnya selalu berburu diskon ketika hendak berbelanja. Nah, nah.. kalau soal yang satu ini pasti setuju banget dong? ya iyalah siapa coba orang yang nggk tertarik dengan diskon? Makhluk satu ini memang tergolong kategori yang sering sekali dicari, terutama kaum ibu-ibu yang sedang ber-mode hemat. Trik ini juga bisa dipakai untuk sobat yang sedang berhemat. Jadilah pemburu diskon sejati! hehe..

3. Kurangi Jatah Ngemil

Hayoo, ngemil lovers mana suaranya?
Sebelumnya mohon maaf deh ya untuk yang super duper hobby banget sama yang namanya ngemil. Bukan bermaksud untuk menindas hak kalian, suerr. Untuk sobat yang suka ngemil dan bermaksud untuk berhemat, dikurangin dulu deh ya jatahnya. Nah, uang yang biasanya dipakai membeli camilan ditabung deh. Dikurangin lho ya, bukan dihilangin. Jangan sensitif gitu dong ngemil lovers, saya mengerti kalian ko. Tapi kalau mau dihilangin ya silahkan, kan tabungannya bisa lebih banyak nantinya.

4. Jadi Jomblo

Mungkin sobat ada yang bertanya nih. Duh duh, kenapa coba yah dikaitkan lagi sama si mblo ini? hehe.. Maaf deh mblo. Disini peran kalian positif ko. Maksudnya gini, sobat tau dong resiko punya pacar apa? Salah satunya yang pasti itu adalah ngejajanin, ngisiin pulsa, atau apapun yang katanya nunjukin rasa sayang kita dengan ngorbanin sedikit uang yang dimiliki untuk kelangsungan hubungan. Sebenarnya yang dilihat disini itu cuma satu takut dikatain pelit. Nah, jika sobat jomblo tentu tak perlu khawatir dengan hal-hal itu. Sobat bisa lebih hemat karena tidak terikat dengan yang namanya Ongkos Pacaran.

5. Menabung

Kalau tips yang satu ini sih semua orang sudah pasti menjalankannya. Bahkan kita diajarkan dari kecil untuk menabung, kan? Tujuannya untuk apa? Untuk keperluan yang akan datang tentunya. Kalau sobat cermat dalam menabung tentu sangat mudah berhemat. Karena secara otomatis sobat hanya akan membeli sesuatu yang diperlukan saja.

6. Kumpulkan Uang Receh

Apa yang sobat pikirkan ketika melihat uang receh? Tak terlalu penting. Mungkin itu jawaban yang pasti mutlak diberikan setiap orang. Tapi, coba lihat salah satu episode di film animasi Upin & Ipin yang berjudul 'The Power Of 10 sen'. Disana diajarkan bahwa sekecil apapun nilai suatu barang/benda pasti memiliki manfaat. Dan terbukti kan dengan 10 sen yang mereka kumpulkan bisa membantu Ijat temannya yang sedang terkena musibah kebakaran kala itu. Jadi, jika sobat melihat memiliki uang receh entah berapa rupiah pun, kembalian dari supermarket misalnya, kumpulkan. Biarpun sedikit lama-lama menjadi bukit. Lumayan kan buat nambah uang tabungan juga.


Itulah beberapa tips yang bisa sobat lakukan jika ingin berhemat. Intinya sih yang point nomor satu tadi. Harus tau prioritas kebutuhan. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan. Salam, KANS~
Share on Google Plus

Penulis Unknown

Menulis membuat kita tahu siapa diri ini, untuk apa dan siapa. Karena dengan menulis kita tahu sejauh mana kita melihat, mendengar, dan memahami dunia ini. -KetiKANS-
    Blogger Comment
    Facebook Comment

5 komentar:

  1. Saya mah pacaran gak boros. Orang setiap makan bayar sendiri-sendiri. Bukannya pelit, tapi kita berdua merasa gak pentes saling membayari-minta dibayari selama belom ada ikatan pernikahan.

    Cari pacar yang kaya gitu. Nanti duitnya utuh, hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama bang prinsipnya kek gaya pacaranku dan kata orang bilang 'ahh cowoknya pelit'
      No no pacarku ndak pelit, tapi akunya yg mau split bill. Toh kl mau bayarin ya hal2 khusus aja siihhh

      Daritadi numpang komen di komenan orang hihihi

      Hapus
    2. Nah nah, kalau kayak komitmen nya bagus deh.. ntar kalo udah nikah baru sepenanggungan ya kang, hahaha

      Hapus
    3. Lempar aja mbak pake sendal tuh yang ngomong gitu, haha..

      gapapa mbak, malahan makasih loh udah berkunjung

      Hapus