Berita Hoax dan Berbau Negatif Semakin Merajalela di Media Sosial

Gambar dari hibanget.com

Sosial media - Selain untuk menambah channel pertemanan, media sosial juga sering digunakan untuk mendapatkan maupun membagikan suatu informasi. Di Facebook misalnya, sobat tentu sering kan menjumpai sebuah tautan berisi informasi atau berita terbaru, entah itu di sebuah grup yang sobat ikuti di facebook, maupun di beranda sobat sendiri. Dan tautan tersebut biasanya membawa kita ke suatu situs yang beritanya memang terdengar menarik jika kita baca judulnya sekilas.

Namun, apa sobat tau jika tidak semua postingan di situs tersebut adalah berdasarkan fakta. Ya, sekarang ini banyak sekali bertebaran di internet, situs-situs yang memiliki berita hoax atau diputarbalikan dari berita aslinya. Blogger menyebutnya dengan teknik pelintiran. Teknik ini adalah teknik blogger dalam mengolah tulisannya.

Teknik ini adalah salah satu bagian dari teknik SEO (Search Engine Optimazion) yang dimana bermaksud agar mesin pencari menganggapnya sebagai konten unik dan mudah mengenalinya sebagai sesuatu yang baru.

Alih-alih mendulang penghasilan maupun visitor yang banyak dari mesin pencari, segala cara pun dilakukan. Termasuk dengan cara yang menurut saya konyol ini. Berita yang mereka bagikan sebenarnya bersumber dari satu berita di internet yang dimanipulasi sedemikian rupa agar terkesan menarik bagi kita.

Contoh berita pelintiran:

Berita pelintiran sharia via http://www.kikasyafii.com

Oleh karenanya, sebagai seorang pengguna internet, kita harus bisa bijak dan cerdas dalam memilah situs ataupun media yang akan kita ikuti untuk memperoleh informasi. Jangan karena banyak media hoax diluaran membuat sobat enggan berkunjung kembali ke internet. Ya, perlu diketahui bahwa tak semua blogger melakukan teknik pelintir seperti itu. Seperti situs Ketikans ini misalnya. Kami sangat berusaha menyajikan informasi, tips, maupun berita yang berdasarkan faktanya. Jadi, jangan kapok berkunjung ke situs ini ya, hehe.. Salam blogger!


Silahkan tinggalkan jejak berupa komentar
Share on Google Plus

Penulis Unknown

Menulis membuat kita tahu siapa diri ini, untuk apa dan siapa. Karena dengan menulis kita tahu sejauh mana kita melihat, mendengar, dan memahami dunia ini. -KetiKANS-
    Blogger Comment
    Facebook Comment

4 komentar:

  1. Bener banget noh

    Apalagi yang ada judul 'Kimat Sudah Dekat: Turun Salju di Saudi Arabia'

    Kalo saya komen kalo dari jaman nabi, saudi bagian utara setiap musim dingin juga udah turun salju. Kita aja yang norak nganggep semua jazirah arab gersang semua. Makanya main dong sekali-kali ke saudi bagian utara, atau ke jordan pas musim dingin, jangan ke Mekkah sama Madinah aja. Ntar bisa liat salju.

    Abis komen gitu pasti saya selalu dianggep orang kafir antek-antek Israel-_-.

    Heloo, waktu SD pernah dengerin pelajaran geografi gak sih? Saudi emang dari dulu ada di daerah subtropis. Jadi kalo ada salju ya bukan sesuatu yang luar biasa.

    Capee dehhh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha bang, antek2 israel haha duhh pikiran sempit amat yaa


      Ini udah srg dan makin marak nih yang begini nih. Judul sama isinya nggak nyambung. Udah mulai males deh baca brita abal2. Pokoknya kl judulnya uda kliatan sok wow gitu, ah udah 80% plintiran deh

      Btw komennya numpang skalian bales ini komen orang ya heheh

      Salam kenal :)

      Hapus
    2. Iya mbak, kalo ketemu orang kaya gitu pengen saya toyor kepalanya. Kalo ada orang saudi tau apa gak diketawain coba?

      Iya kalo judulnya heboh biasanya isinya ngaco, mending skrip. Di facebook noh sering banget.

      Hapus
    3. Iya kang, mbak. Gatau deh tuh ya pikiran orang jaman sekarang, suka bikin heboh hal yang padahal..... (yah, tau sendiri lah)

      Iya bener udah jelas banget hoaxnya. Dan yang bikin nggk habis pikir adalah, masih banyak aja orang yang like tuh postingan ngaco itu. Duh duhhhh

      *Gapapa mbak, salam kenal juga ya. Makasih loh udah mau berkunjung

      Hapus